Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-jenis Lensa Kamera DSLR Beserta Fungsinya

Jenis-jenis Lensa Kamera DSLR Beserta Fungsinya-Assalamualaikum wr,wb,salam sejahtera untuk kita semuanya,welcome to Jalanlama.com,Kali ini saya akan membahas tentang Jenis-jenis Lensa Kamera DSLR Beserta Fungsinya.

Anda seorang pemula di dunia fotografi?pastinya anda belum mengetahui secara penuh tentang dunia fotografi,bagi kalian pemula dalam dunia fotografi jangan putus asa untuk belajar tentang fotografi seperti mengenali bagian bagian kamera,cara memegang kamera yang benar,mengetahui fungsi fungsi tombol pada kamera,dan cara mengambil gambar yang benar dan akurat dan masih banyak lagi,dan salah satunya adalah jenis jenis Lensa Kamera Beserta Fungsinya.


Kamera DSLR memiliki banyak tipe, begitu pula dengan lensa akan ada banyak bahkan harga lensa bisa melebihi harga kameranya sendiri. Lensa lepas terkenal dari kamera DSLR. Memang kamera ini masih cukup populer, dan para fotografer sellau membawa kamera DSLR.

Dari banyak tipe kamera DSLR tentunya ada beberapa tipe yang mungkin belum diketahui, karena dari tipe atau jenis lensa tersebut mempunyai kelebihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.Dari ini saya akan membahas ilmu yang saya ketahui tentang Jenis-jenis Lensa Kamera DSLR Beserta Fungsinya.

1.LENSA KIT(STANDAR).

Saat membeli kamera, biasanya penjualan menyertakan langsung dengan lensa standar (KIT), lensanya memiliki ukuran 50-55mm, bisa pengguna kamera masih standar atau untuk dokumentasi, maka lensa ini sangat cocok sekali.

2.LENSA FIX(TETAP).

Berukuran kecil dan tidak bisa di zoom in dan out, karena lensa kit atau tetap, jadi sudah memiliki ukuran tersendiri, ada 35mm, dan yang populer yaitu ukuran 50mm f/1.8.

3.LENSA FISH EYE (MATA IKAN).

Seperti namanya, lensa ini memiliki cekung seperti mata ikan, jadi cocok sekali untuk menghasilkan pandangan dan dapat mengambil pada ruang lingkung yang lebar, karena termasuk dalam jenis wide.

4.LENSA TELE.

Saat seperti pertandingan sepak bola, lensa jenis ini tentunya sering di pakai, karena tujuan untuk mengambil objek dengan jarak jauh, karena memiliki ukuran 70mm ke atas.

5.LENSA PARFOKAL.

Lensa jenis ini memiliki ketajaman yang cukup bagus, karena fungsi utamanya yaitu mempertahankan ketajaman pada bidang fokus, meski terjadi perubahan pada fokus lensa.

6.LENSA WIDE.

Sedangkan lensa wide kebalikan dari tele, karena lensa ini untuk mengambil ruang yang lebar, biasanya di bawah 18mm, dan tentunya untuk dokumentasi atau mengambil objek yang lebar sangat di sarankan sekali menggunakan lensa ini.

7.LENSA MAKRO.

Lensa jenis ini diperuntukkan mengambil objek jarak dekat, seperti bunga, mata semut, rumput, atau jenis objek lainnya. Dan tentunya akan menghasilkan bokeh yang menakjubkan.

Nah itu tentang Jenis-jenis Lensa Kamera DSLR Beserta Fungsinya yang saya ketahui,semoga bermanfaat,sampai jumpa.Wassalamualaikum wr.wb.