Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Kumpulan Tips Memotret Dengan Kamera Handphone

JALANLAMA.COM.Assalamualaikum.wr.wb,salam sejahtera untuk kita semuanya,welcome to JALANLAMA.com,Maaf ya baru update,sebab sibuk si,hehehe,yaap pada kali ini dan diartikel ini akan membahas bukan tentang lightroom maupun tutorial android,namun tentang beberapa tips memotret dengan kamera handphone,yaa dikit dikit seputar fotografi lah,hehe,pada artikel kali ini saya akan membahas tentang sedikit ilmu yang saya ketahuiii lahh tentang fotografi yaitu Kumpulan Tips Memotret Dengan Kamera Handphone.



Kamera handphone termasuk teknologi yang paling cepat perkembangannya. Sebagian besar handphone baik kelas smartphone atau non-smartphone saat ini pasti memiliki kamera, mulai dari kualitas yang paling rendah dengan resolusi vga (640x480 pixel) hingga 41 Megapixel seperti yang ada pada Nokia 808 Pureview.

Tak puas sampai ìperangî resolusi, beberapa vendor ternama seperti Samsung, mengeluarkan Samsung K ZOOM yang memiliki fitur optical zoom hingga 10x dan fitur-fitur mewah lain layaknya kamera DSLR.

Teknik fotografi adalah salah satu kunci menghasilkan karya fotografi yang mengagumkan, dalam artikel saya akan membagi sedikit tips dari saya walaupun belum pinter sekali yaitu  Kumpulan Tips Memotret Dengan Kamera Handphone agar hasilnya maksimal layaknya seorang fotografer profesional,hehehehe,simat tipsnya dibawah ini yaaa.

1.Pastikan Lensa Kamera Handphone selalu Bersih.

Memang sepele, tapi fatal akibatnya. Handphone sering kita genggam, keluar-masuk saku celana/tas, noda keringat dan minyak membuat kamera handphone menjadi kotor. Apa yang terjadi? Hasil jepretan akan terlihat buram/blur, mungkin tidak akan terlalu terlihat pada layar handphone. Tapi begitu Anda memindahkan dalam ke dalam komputer desktop/laptop, akan menjadi cerita lain. Jadi, pastikan lensa kamera handphone Anda selalu bersih.

2.Makin Terang, Makin Bagus.

Cahaya adalah kuncinya. Handphone berkamera saat ini sudah banyak yang menggunakan white balance dan auto exposure, yang berfungsi untuk menyeimbangkan cahaya terhadap objek foto, otomatis berpengaruh juga pada warna yang didapat. Tanpa cahaya yang cukup, hasil  jepretan akan terlihat berbintik-bintik.
Foto outdoor pada siang hari tidak akan jadi kendala, Anda akan menemukan masalah ini pada saat mengambil foto dalam ruangan yang minim cahaya dan malam hari. Keterbatasan cahaya juga akan membuat hasil jepretan blur untuk objek yang bergerak. Tapi ini bisa disiasati dengan fitur lampu flash, kalau ada.

3.Pegang Handphone dengan Stabil.

Bukan masalah untuk kamera yang memiliki fitur autofocus, karena objek terkunci saat pengambilan foto. Alternatif lain, Anda bisa menggunakan tripod khusus handphone.

4.Gunakan Resolusi Paling Besar.

Makin besar resolusinya, semakin rapat resolusi foto yang kita dapatkan. Keuntungan lainnya Anda bisa meng-edit foto lebih leluasa. Cropping bagian penting namun objek utama tetap terselamatkan. Cocok sekali buat yang aktif upload foto makanan pada jejaring sosial dan penggila foto selfie tentunya.

5.Pahami Jeda Waktu Shutter.

Beberapa handphone bisa mengalami ìlagî. Maksudnya, ada jeda waktu proses setelah suara shutter berbunyi, objek jangan dulu bergerak (sekitar 1-2 detik). Biasanya hal Ini terjadi karena handphone butuh proses untuk mengolah foto dan menyimpannya ke dalam memory, apalagi jika Anda memilih ukuran resolusi besar (5 MB ke atas) pada pengaturan.

6.Hindari Digital Zoom.

Hindari, Hanya akan merusak hasil jepretan. Kerapatan pixel gambar berkurang, karena pada fitur ini software yang bekerja untuk memperbesar ukuran pixel bukan dari bayangan yang diterima optik. Tidak banyak handphone yang memiliki fitur optical zoom, tapi hampir semua handphone berkamera ada fitur digital zoom.

7.Maksimalkan Editing pada Handphone.

Bagi pengguna smartphone Iphone, Android dan Windows Phone bisa ìmenggilaî melakukan eksperimen ini dengan tersedianya aplikasi gratis dan trial bahkan berbayar. Foto biasa bisa diubah menjadi luar biasa. Bermain efek dan warna bisa disesuaikan dengan kreatifitas yang tanpa batas. Sayangnya hanya dianjurkan untuk handphone middle-end dan high end.

8.Belajar Editing dengan Komputer.

Untuk pemilik handphone kelas low-end jangan berkecil hati, masih ada komputer untuk editing momen kesayangan Anda seperti photoshop, gimp, phoxo dll.

9.Berlatih Komposisi.

Setiap jepretan adalah proses belajar. Komposisi dan warna adalah teknik utama dalam fotografi. Hal ini menjadi mudah dengan adanya handphone kamera, karena bentuknya simple dan mudah dioperasikan.

10.Ambil dari Berbagai Sudut Pandang.

Kalau biasanya Anda memotret dari depan, cobalah memotret dari sudut pandang yang berbeda, bisa dari atas atau dari bawah. Bisa juga memutar posisi handphone dari posisi potrait ke horizontal. Pasti ada kesan yang berbeda.

Nah itu sedikit ilmu dari saya yang ketahui tentang fotografi tentang Kumpulan Tips Memotret Dengan Kamera Handphone semoga bermanfaat bagi kalian dan saya juga hehehe.semoga bermanfaat.jika dirasa artikel ini bermanfaat bagikan ke teman anda semuanya yaaa,Sampai jumpa Wassalamualaikum wr.wb.